Senin, 02 Desember 2013

PAHLAWAN DILINGKUNGANNYA

Winarno sebagai pelopor berdirinya Bank Sampah
bersama warga setempat di RW 9 / RT 5
JePe - Surabaya. Pria yang tergabung di POKJA STBM Kelurahan Petemon sejak tahun 2011 ini, mempunyai prestasi tersendiri dalam hidupnya. Warga Petemon gang 2 No 86, RT 5/RW 9 ini  berhasil meraih Juara 2 pada Citizen Journalism Contest 2013 yang diselenggarakan AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) pada Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) di Jakarta bulan lalu.

Pria yang tidak pernah putus asa dan selalu bersemangat  untuk mensosialisasikan 5 pilar STBM dilingkungannya tersebut, membuahkan hasil yang nyata. Hal itu dapat dilihat dengan berdirinya sebuah bangunan berukuran 2,5 X 2,5 Meter disebelah rumahnya, yang berfungsi sebagai Bank Sampah.

Bank Sampah yang berdiri sejak 12/12/12 itu, saat ini telah memiliki 24 nasabah dari berbagai wilayah.

"Alhamdulillah saat ini bisa menghasilkan 600 Kg sampah yang layak jual, atau sekitar dua juta rupiah per bulan," tutur bapak 3 anak ini, Sabtu (14/12/2013).

Dari hasil tersebut, Winanrno menyampaikan 0,5% nya dimasukkan ke dalam kas RT.
Itulah salah satu bentuk perjuangan winarno dilingkungannya yang sempat menjabat sebagai Ketua RT 5 di wilayahnya.

Pria yang sudah memiliki 6 cucu ini dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi, sederhana dan bijaksana.

"ketika saya bisa membatu orang  orang, saya merasa mempunyai kepuasan tersendiri yang tidak bisa diukur dengan apapun," pungkas pensiunan tenaga keperawatan di RSUD Dr. Soetomo ini. (art)

4 komentar:

  1. pribadi bapak Winarno yang patut dijadikan panutan oleh generasi muda.....ayo mas Artani tetap semangat untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat! SELAMAT BERJUANG !!!!

    BalasHapus
  2. hanya koreksi mas artani bukas Kas RW tapi mungkin Kas RT, khan Bank Sampah ada dilingkungan RTnya P. Win sedangkan P. Win Ketua RT!!!Tks

    BalasHapus
  3. hihihihihiiii... salah ketik pak :D

    BalasHapus
  4. selamat atas terpilihnya pak Winarno sebagai Pak RW IX :)

    BalasHapus