Rabu, 23 Oktober 2013

Sampah & Solusinya



Kebiasaan buruk dengan membuang sampah sembarangan seakan sudah tak asing lagi, bahkan seakan sudah terbiasa. Lingkungan kotor memang seakan sudah menjadi bagian suatu ciri khas warga kita, terutama untuk warga perkotaan. Bagaimana tidak ? Seperti masih banyak ditemui sampah yang berserakan di lingkungan sekitar kita. Tidak hanya itu, lingkungan kotor pun terdapat di pemukiman padat seperti pabrik, pariwisata, hingga kontrakan sekalipun. Bagaimana tidak ? Seharusnya warga sadar akan kebersihan lingkungan dengan membiasakan hidup bersih seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan rumah dengan rutin dan membiasakan anak hidup dengan kebersihan, bukan membiarkannya dengan bermain di lingkungan yang penuh dengan kotoran.
Fenomena sampah yang berserakan dapat kita lihat ketika kita mendatangi event di lingkungan tempat tinggal kita, seperti bazar, jalan sehat dsb. Kita sering meremehkan pentingnya membuang sampah di tempat sampah karena kita sering berpikir akan ada petugas kebersihan yang akan mengatasi permasalahan tersebut. Tapi fenomena lain akan sangat berbeda ketika kita mengunjungi sebuah event di mall atau gedung pameran, di sana disediakan banyak sekali tempat-tempat sampah dan ternyata para pengunjung membuang sampah pada tempatnya. Dua fenomena yang berbeda karena perbedaan tempat.
Jika saja event kampung (seperti bazar atau jalan sehat) dikondisikan seperti pameran di sebuah mall, dimana ada beberapa tempat sampah umum yang bisa ditemui pengunjung di titik-titik tertentu di area pameran. Atau mungkin para peserta pameran diharuskan menyediakan beberapa tempat sampah (disesuaikan dengan besar stan yang disewa) di depan stan mereka masing-masing. Pasti semua tempat akan bersih dan itu lebih nyaman.
Menjaga kebersihan merupakan suatu kebiasaan yang sangat baik dan kebersihan merupakan bagian dari iman. Jika kita membuang sampah pada tempatnya berarti kita meringankan beban orang-orang yang menyapu jalanan. Ketika selesai makan di restoran dan kita membuang bekas-bekas makanan maka kita juga meringankan tugas pelayan restoran.
Kita bisa melakukan semua itu jika kita mau, dimulai dari diri sendiri lalu ajari keluarga kita maka kita akan merasa hidup kita lebih berguna. (Shaz)

1 komentar:

  1. Sepertinya sudah saatnya promosikan Jangan Buang Sampah Pada Tempatnya.... Tetapi Promosikan dan mulailah Kurangi Menghasilkan Sampah dan Olah Sampah Rumah Tangga Kita Sebelum Dibuang. Karena Slogan Buang Sampah Pada Tempatnya atau Dilarang Buang Sampah Disini !!!! Sudah tidak sakti lagi untuk mengajak orang untuk menjaga lingkungan.

    BalasHapus