Selasa, 22 Oktober 2013

Sungai Menjadi Tempat Pembuangan Sampah


Kondisi Sungai Di daerah Petemon
Sungai – sungai diperkotaan sudah beralih fungsi menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS), terutama didaerah petemon. Terlihat ketika volume air sungai berkurang, banyak sampah yang terlihat didasar maupun tepi sungai. Berbagai sampah organik maupun non organik bercampur menjadi satu dengan air sungai. Padahal, dampak yang akan terjadi dapat merugikan bagi bagi dirinya sendiri.
Ketika sungai sudah tercemari dengan berbagai macam sampah atau limbah, maka air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Sedangkan manfaat terbesar air sungai adalah sebagai bahan baku air minum dan menjadi ekosistem didaerah aliran sungai tersebut.
Selain itu dampak nyata yang dapat kita lihat langsung saat musim hujan adalah banjir. Hal ini disebabkan sirkulasi aliran sungai tidak berjalan sebagi mestinya, karena tersumbat sampah atau mengalami pendangkalan.
Kesadaran masyarakat yang kurang akan menjaga lingkungan sekitarnya, menjadi tugas kita semua untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya sungai. (Artani. Z)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar