Selasa, 30 Juli 2013

Limba Membawa Manfaat



JePe - Surabaya. Akibat petugas pengangkut sampah yang tidak rutin di RT 2 RW 13 Kelurahan Petemon. Terjadilah penumpukan sampah di masing-masing bak sampah yang terletak di depan masing-masing rumah warga. Tentu saja yang terjadi adalah pemandangan yang tidak rapi dan terkesan tidak sehat.
Fenomena tersebut membuat salah satu warga di lokasi tersebut untuk berpikir mencari jalan keluarnya. Warga yang bernama Endang Mulyono itu akhirnya memisahkan sampah basah dan sapah kering.
“Sampah basahnya saya buang ke bak sampah organik. Sampah keringnya buang ke bak sampah lain.  Akhirnya bak sampah yang kosong dimanfaatkan bersama warga untuk ternak llele,” ujar Endang kepada Jendela Petemon, Minggu (16/6/2013).
Lebih lanjut Endang menjelaskan bahwa kebutuhan  air di kolam lele tersebut disuplai dari hasil pengelolaan limbah cair rumah tangga dari masing-masing warga di wilayah tersebut. Hasil panen lelenya bisa dijual dengan harga yang lebih murah dari harga yang ada di pasaran.
“Alhamdulillah  hasil kreatifitas kami bisa bermanfaat bagi kami sendiri dan warga sekitar.  Bahkan ada pembeli lele hasil ternak warga yang datang dari luar Petemon,” pungkas Endang. (pok B/bai/art)

1 komentar:

  1. Selamat bu Endang bila panen lele jangan lupa p Win petemon 2 diberi jatah nanti saya ambil terimakasih

    BalasHapus