Rabu, 31 Juli 2013

Sumbangan PJB Untuk RW 5 Penanggungan



Sumbangan PJB untuk pembangunan
Waste Water Treatment (WWT)
untuk warga RW 5 Penanggungan

Berkat kerja keras dan komitmen warga dalam menjaga kebersihan & keasrian lingkungan tempat tinggal mereka selama beberapa tahun, akhirnya warga RT 2  RW 5 Penangunggan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Masuk dalam kategori RT terbaik Green & Clean serta mempertahankannya posisi tersebut dalam beberapa tahun bukanlah hal yang mudah. Tetapi itulah yang dicapai oleh salah satu RT di kelurahan Petemon tersebut.
          Termasuk dalam RT Green & Clean kategori 500 besar pada tahun 2008, kategori 100 besar pada tahun 2009 – 2011 dan termasuk kategori 50 besar pada tahun 2012.
          Karena beberapa prestasi tersebut yang menjadi salah satu dasar pemberian bantuan pengelolaan limbah cair dari Pembangkit Jawa Bali (PJB). Selain itu bantuan berupa tanaman, bunga, bibit sayur dan buah, pupuk serta pot juga didapat dari dinas pertanian guna menambah keasrian dan keindahan kampung.
          Pembangunan Waste Water Treatment (WWT) dimulai pada pertengahan 2012 dan diletakkan di depan balai RW 5 Penangunggan, ujar Indra Sutrisno selaku ketua RW 5 kepada Jendela Petemon (21/07/13).
          Air limbah yang berasal dari limbah rumah tangga dialirkan ke dalam 2 bak control dan dengan bantuan pompa diteruskan ke dalam 2 tabung WWT untuk dilakukan penyaringan dan penjernihan. Untuk sementara air yang sudah di-treatment digunakan untuk penyiraman tanaman di sekitar balai RW karena debit air yang dihasilkan hanya sedikit. Hal tersebut disebabkan tidak semua limbah cair rumah tangga bisa dialirkan ke dalam bak control karena pada dasarnya setiap rumah sudah mempunyai saluran sendiri yang langsung terhubung ke sungai besar. “Itu tidak menyurutkan niat kami untuk memperbaiki pengelolaan limbah cair di lingkungan kami. Saya juga berharap agar ada pihak lain yang dapat membantu kami untuk menyempurnakan system ini menjadi lebih baik lagi” ujar bapak 58 tahun itu. (Shaz)

4 komentar:

  1. ayo wilayah lain diwilayah Kelurahan Petemon juga kita ciptakan kawasan hijau, bersih dan sehat seperti di RW V ini, ayo kita ikut Lomba Greean and Clean yang diselenggarakan setiap tahun!!

    BalasHapus
  2. Bagi wilayah lain, jangan mau kalah, Reward serupa atau yang lebih dari yang PJB berikan selalu ada untuk penggiat-pengiat masyarakat (lingkungan), untuk masyarakat RT.2 RW. 5 Petemon, pertahankan dan tingkatkan.

    BalasHapus
  3. Selamat untuk RT 2 RW 5 Penanggungan yg telah berkarya untuk kepentingan warganya agar lingkungan semakin menyejukkan sehingga tercipta image warga kampungku surgaku

    BalasHapus
  4. harapan kami bisa menjadi contoh dan pemicu untuk RW-RW yang lainnya, khususnya dikelurahan petemon :)

    BalasHapus